Pengertian Telematika
Telematika merupakan singkatan
dari Telekomunikasi dan Informatika. Orang
Indonesia ternyata memang sering sekali mengadopsi bahasa. Salah satu contohnya
adalah kata “TELEMATIKA” yang seringkali diidentikkan dengan dunia internet di
Indonesia. Dari hasil pencarian makna telematika ternyata “TELEMATIKA” merupakan adopsi dari
bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat
diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi
informasi.
Manfaat
dari Telematika
Manfaat
dari telematika antara lain :
a. Sebagai Media Penyampai informasi.
Telematika digunakan
sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih
berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan
meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan
wawasan.
b. Sebagai Sarana Kontak sosial hidup
bermasyarakat.
Interaksi sosial
menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan
kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut,
walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi
sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah
dibanding hasil perseorangan.
Peranan
Telematika Diberbagai Bidang dalam Kehidupan Sehari-hari
Saat ini Telematika
muncul sebagai bidang ilmu yang memfokuskan pada peningkatan interaksi di
antara manusia atau proses melintasi jarak dan waktu melalui aplikasi
Information and Communications Technology (ICT)
a. Bidang ekonomi
E-commerce ( transaksi jual
beli secara elektronik ) merupakan suatu proses pembelian, penjualan,
mentransfer, atau pertukaran produk, jasa, atau informasi melalui jaringan
komputer termasuk internet.
b. Pendidikan
E-learning ( pendidikan
terbuka dengan metode jarak jauh ) merupakan contoh dari berkembangnya dunia
pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih
terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika
yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya.
c. Administrasi Pemerintahan
E-Government (admnistrasi
pemerintahan secara elektronik) adalah penggunaan teknologi informasi yang
dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain. Contoh
nyata dari program e-government ini adalah adanya badan khusus yang mengurus
hal – hal berkaitan dengan telematika yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesi
(TKTI). Tim ini bertugas untuk mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori
kegiatan dalam rangka meningkatkan perkembangan dan pendayagunaan telematika di
Indonesia.
Penyebab
Layanan Telematika Semakin Berkembang
Menurut saya salah satu penyebab semakin berkembangnya layanan
telematika saat ini
karena disebabkan perkembangan dari sarana dan prasarana telematika yang
semakin canggih dan memudahkan para pengguna layanan telematika itu sendiri. Di
samping itu telematika semakin berkembang karena adanya peningkatan kebutuhan
dari pengguna telematika, bahkan ada pengguna telematika menjadi ketergantungan
dari layanan telematika tersebut.
Contohnya seperti ketergantungan seseorang pada sebuah gadget atau telepon
genggam, mungkin kita juga sering merasakan bahwa tanpa sebuah gadget ataupun
HP kita seringkali merasa ada yang kurang dalam melakukan aktivitas kita sehari-hari.
Contoh Kasus yang Berhubungan
dengan Telematika
Pemblokiran MesinATM karena Identitas Nasabah yang dicuri
Bank Indonesia (BI)
mengaku telah menindak lanjuti
laporan pemblokiran 1.214 kartu automated teller machine (ATM) milik nasabah
yang dilakukan oleh PT Bank Mandiri Tbk.
Menurut Direktur
Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara, pemblokiran itu
dilakukan karena adanya pencurian identitas nasabah bank tersebut.
"Yang diblokir
itulah yang dicuri identitasnya," katanya saat berbincang dengan
Liputan6.com, Sabtu (17/5/2014).
Tirta menuturkan, BI
sudah meminta bank untuk segera menindaklanjuti dan bank akan menggantinya
dengan kartu ATM yang baru. Penggantian kartu tersebut, Tirta lebih menyarankan
nasabah untuk datang ke kantor-kantor perbankan terkait.
"Kalau kartunya
dikirim via surat perlu waktu, maka nasabah yang memerlukan penggantian kartu
segera bisa menghubungi bank yang bersangkutan," tegas dia.
Seperti diketahui, aksi
pemblokiran sekitar 1200 kartu debet nasabah yang dilakukan oleh Bank Mandiri
beberapa hari lalu mengakibatkan bank tersebut terpaksa membuka beberapa
kantornya di dua hari libur kali ini, yaitu Sabtu dan Minggu.
Hal itu dilakukan atas
himbauan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan demi melayani
nasabahnya dan juga menjadi bagian dari konsekuensi manajemen Bank Mandiri.
(Yas/Ndw).
Tanggapan saya terhadap contoh kasus diatas sbb:
Untuk contoh kasus diatas, pihak Bank Indonesia
sudah tepat dalam menangani maraknya kasus pembobolan ATM yang terjadi
akhir-akhir ini. Dengan pemblokiran ATM yang makin marak terjadi, sudah
sepantasnya pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab mendapatkan kesulitan dalam
mengakses data pribadi nasabah dan tidak melakukan hal yang dapat merugikan
nasabah.
Untuk menjaga keamanan
ATM agar lebih terjaga serta untuk
mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka pihak bank
melakukan pembuatan ATM baru dengan menambahkan teknologi chip untuk para
nasabahnya agar keamanannya tetap
terjaga.
0 komentar:
Posting Komentar