Manusia dan Kebudayaan



Terbaru  26 Maret 2013 - 20:20 WIB
Lukisan Sinta Tantra di Swansea
Lukisan dinding karya Sinta Tantra terlihat mencolok di kota Swansea.
Lukisan dinding berupa dua pohon kelapa warna keemasan dengan latar belakang warna cerah merah muda berbentuk geometris menghiasi tembok di atas gedung Teater Volcano, Swansea.
Lukisan dinding itu tampak mencolok dilihat dari jalan karena bangunan di sekitarnya cenderung didominasi warga gelap dan netral.
Kesan mencolok itu mungkin lebih terasa ketika cuaca musim semi, yang seharusnya hangat dan cerah, masih dingin dan berkabut di Swansea, kota terbesar kedua di Wales, Inggris.
Itulah karya seniwati asal Bali, 
Klik
Sinta Tantra yang saat ini berdomisili di Inggris.

"Saya pikir merah jambu adalah ciri khas karya saya," kata Sinta Tantra kepada BBC Indonesia.

Salju dan angin

"
Saya ingin menciptakan karya seni yang mencerminkan pengalaman keberagaman kebudayaan ini dengan menyuntikkan kesan keindahan Bali ke dalam struktur kota."
Sinta Tantra
Objek pohon kelapa, lanjutnya, muncul saat ia berkunjung ke Swansea dalam menyaksikan keberagaman kebudayaan seperti tercermin di sebuah jalan.
Di jalan dalam kota itu terdapat restoran Ethiopia, Cina, India, Italia dan bahkan restoran Indonesia.
"Saya ingin menciptakan karya seni yang mencerminkan pengalaman keberagaman kebudayaan ini dengan menyuntikkan kesan keindahan Bali ke dalam struktur kota," jelasnya.
Pengembangan konsep dan rancangan memerlukan waktu beberapa bulan, tetapi pengerjaan lukisannya sendiri memerlukan waktu dua hingga tiga minggu.
Pengerjaan ini bukannya tanpa hambatan, kata Sinta, sebab salju dan angin kencang membuat ia dan timnya terpaksa menghentikan pengerjaan dan memulainya lagi sampai beberapa kali.
Seni lukisan dinding dibuat dalam rangka Art Across The City 2013, pameran seni umum yang diselenggarakan oleh Locws International, badan amal yang dijalankan oleh seniman di Swansea.

Acara Art Across the City 2013 dijadwalkan resmi dibuka pada Kamis (28/03).
Sinta Tantra juga akan mengikuti pameran di Hong Kong dan kemudian Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) pada Mei.
Komentar : 
Saya sangat bangga terhadap "Sinta Tantra" seniman asal Bali yang berdomisili di Inggris. Beliau berani mengexplorasikan seni dari dalam negri untuk diperkenalkan ke luar negri.
Bagi saya ini merupakan hal yang baik untuk kebudayaan Indonesia, meskipun hanya seni berupa lukisan dinding namun unsur kebudayaan indonesia terletak didalamnya. Dengan hal ini kebudayaan kita akan lebih banyak dikenal di penjuru dunia dan mancanegara.

0 komentar:

Posting Komentar