Konsepsi Ilmu Budaya Dasar


Konsepsi ilmu budaya dasar berasal dari kata  Humanities yang berasal dari bahasa latin yaitu, manusiawi, berbudaya, dan halus. Hal ini tentunya sangat baik jika kita pelajar, karna kita akan mendapatkan ciri dari manusia yang baik dalam bermasyarakat.  The Humanities berkaitan dengan nilai – nilai norma manusia contohnya norma agama, hukum, kesusilaan dan kesopanan.

ARTIKEL :
JAKARTA - Dana bantuan kemanusiaan dinilai rawan diselewengkan. Sebab, tidak ada pengawasan terhadap pengelolaan dananya. Padahal, setiap tahunnya dana yang dikucurkan dari luar negeri untuk bantuan kemanusiaan itu mencapai 337 juta US dollar.

Direktur Public Interest Research and Advocacy Center (Pirac) Hamid Abidin mengatakan banyak kepala daerah yang tersangkut korupsi terkait bantuan kemanusiaan."Peran pemerintah sangat lemah terutama pengawasan. Dan ini berpeluang menimbulkan korupsi," kata Hamid Abidin di Jakarta, Rabu (12/10/2011).Hamid mengatakan bantuan kemanusiaan dari luar negeri itu merupakan dana publik. Untuk itu, sudah semestinya lembaga yang mengelolanya, baik itu LSM maupun pemerintah, harus transparan dan akuntabilitas. Sesuai aturan, dana yang lebih dari Rp500 juta mesti diumumkan dalam surat kabar.

"Walaupun itu bantuan luar negeri, itu tetap dana publik. Artinya, berasal dari masyarakat luar negeri," ujar dia. Menurut dia, rendahnya transparansi dan akuntabilitas salah satunya karena belum adanya pedoman akuntabilitas di Indonesia sebagai acuan dalam mengelola bantuan kemanusiaan. Sehingga, masing-masing lembaga mempunyai pemahaman yang berbeda. Bahkan, terkesan sempit dalam memaknai akuntabilitas pengelolaan bantuan kemanusiaan. "Contohnya, Jakarta banjir. Banyak lembaga yang menampung dana bantuan. Tapi, tidak ada pengawasannya," jelas dia.

KOMENTAR :
Menurut saya tindakan yang terjadi dalam bacaan artikel di atas sangatlah tidak manusiawi, dana yang seharusnya digunakan untuk untuk hal-hal yang bersifat relawan atau kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah justru diselewengkan.

Peran Konsepsional Ilmu Budaya Dasar sangatlah penting dalam hal ini karna kita akan mendapatkan ciri dari manusia yang baik dalam bermasyarakat.  The Humanities berkaitan dengan nilai – nilai norma manusia contohnya norma agama, hukum, kesusilaan dan kesopanan.


0 komentar:

Posting Komentar