Amunisi baru Kia di Indonesia

Pada sesi peluncuran varian baru Sportage EX beberapa hari lalu di Jakarta, PT. Kia Mobil Indonesia (PT. KMI) juga turut mengumumkan tentang rencana lain untuk merilis 3 model baru pada tahun ini di Indonesia.

3mobilKIApart1

Model pertama yang akan dirilis pertama adalah Sorento. SUV ini rencananya akan diluncurkan di Tanah Air pada awal April mendatang. Kia Sorento ini pertama kali diperlihatkan pada ajang Indonesia International Motor Show 2012 lalu. SUV ini hadir dengan desain eksterior yang lebih modern dan mewah.

Dua model lainnya yang akan ditambahkan adalah Carens MPV dan Optima yang akan merangsek segmen sedan kelas menengah. Untuk kedua mobil tersebut waktu peluncurannya belum bisa dipastikan kapan tepatnya.

Penasaran dengan spek ke-tiga varian tersebut? Berikut profil singkatnya:
Kia Sorento dipastikan menjadi produk pertama KMI yang mengaspal terlebih dulu dibanding dengan dua varian lainnya. SUV medium ini diperkirakan akan resmi dipasarkan di Indonesia pada awal bulan April 2013 nanti. Sebelumnya model ini telah dipamerkan di ajang IIMS tahun lalu.
Kabarnya, Kia Sorento hadir dalam dua varian, yakni mesin diesel 2,2-liter DOHC-CR-TCI bertenaga 194 hp (197 ps) dan torsi 437 Nm dan mesin bensin Theta II 2,4-liter MPI bertenaga 174 hp (176 ps) dan torsi puncak sekitar 227 Nm. Kedua varian ini nampaknya menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan shiftronic. Belum ada informasi pasti soal berapa harga model ini, hanya saja beberapa situs otomotf luar menyebutkan, Kia Sorento kemungkinan dibanderol di bawah Rp 400 juta.

Jika asumsi harga ini benar, rasanya akan menjadi jurus ampuh memikat konsumen. Pasalnya para rival di segmenya, seperti Honda CR-V 2.4, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Hyundai Santa Fe sudah bermain di range harga di atas Rp 400 juta.

Setelah segmen SUV dirasa sudah siap, giliran model MPV terbaru yang akan Kia kenalkan di Indonesia. Kali ini, KMI berencana memboyong facelift Kia Carens untuk publik otomotif Indonesia.
Nantinya, MPV medium ini akan hadir dengan tiga pilihan mesin, yakni 1,4 liter MPI dan 1,6 liter GDI dengan tenaga masing-masing 97 hp (100 ps) dan 132 hp (135 ps). Ada juga versi diesel 1,4 liter WGT bertenaga 108 hp (110 ps) dan 1,6 liter VGT dengan daya 126 hp (128 ps). Seluruhnya mengandalkan transmisi manual dan otomatis 6-percepatan.

“Untuk Indonesia tentu kami pilih yang 7-penumpang, karena ini pasar yang paling ramai. Semoga Mei ini sudah bisa dijual,” jelas Ridjal Mulyadi, Manajer Komunikasi dan Pemasaran KMI.
Sedianya Kia Carens akan menjadi pesaing bagi Toyota Innova dan Honda Freed. Artinya range harganya kemungkinan di kisaran Rp 225 juta – Rp 250 juta. Asumsi harga ini juga terkait dengan informasi dari pihak KIA Indonesia, jika harga Kia Carens generasi terbaru ini akan berada di antara dua varian mereka lainnya, Kia Rio (Rp 184,5 juta – A/T) dan Kia Sportage 2.0 (Rp 270,5 juta – M/T).

Sedan Optima menjadi model terakhir Kia yang diluncurkan di Indonesia selama 2013. Nampaknya, Kia menjadi merek pertama di kelasnya di luar brand Jepang yang berencana memasarkan mobil bermesin hybrid. Bahkan, fakta tersebut semakin kuat lantaran kendaraan ini telah terdaftar dalam izin pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) di Kementerian Perindustrian dengan status “proses”.

Selain hybrid, Kia juga memboyong Optima versi konvensional dengan mesin 2,4 liter, DOHC yang menghasilkan tenaga 198 hp (200 ps). Dengan sejumlah pembaruan, sedan Korea ini siap menghadang laju Toyota Camry, Honda Accord dan Mazda6di pasar Indonesia.
Well, kedatangan tiga model baru tersebut diharapkan dapat mengerek naik penjualan Kia di Indonesia hingga 50 persen atau tembus 20 ribu unit.

0 komentar:

Posting Komentar