Resume : Arti Penting Organisasi dalam Bermasyarakat

Organisasi merupakan sekelompok individu yang berkumpul dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan yang sama. Bisa dikatakan merupakan sebuah wadah untuk menampung aspirasi, cita-cita, dan harapan banyak orang. Dalam kehidupan sehari-hari organisasi ini sangat tidak asing, baik di lingkungan sekolah, rumah (rt, rw), dan lingkungan keluarga bisa disebut organisasi.

Tujuan organisasi mesti dijadikan pedoman dalam pembagian kerja, penentuan bahkan tugas. Dengan kata lain keseluruhan pekerjaan pengelolaan dan operasional harus diatur dan direncanakan berdasarkan strategi untuk mencapai tujuan. Begitu pentingnya kedudukan tujuan dalam penyusunan organisasi, maka tujuan organisasi perlu dirumuskan dahulu secara jelas dan kemudian dikomunikasikan secara baik sehingga tujuan bisa dipahami secara benar oleh para anggota organisasi.

Contoh organisasi yang diambil adalah organisasi pemuda pancasila, desa/kelurahan, posyandu. Dan arti pentingnya organisasi dalam masyarakat yaitu sangat penting, karena organisasi dapat membantu masyarakat untuk lebih aktif dalam lingkungannya. Organisasi bisa sebagai pendukung proses sosialisasi di lingkungan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar