Kepemimpinan adalah kekuasaan untuk mempengaruhi seseorang,
baik dalam mengerjakan sesuatu atau tidak mangerjakan sesuatu. Pemimpin sendiri
adalah seseorang yang bertanggung jawab atas suatu organisasi dalam mencapai
tujuan tertentu.
Dalam berorganisasi tentu kita mempunyai seorang pemimpin,
dan tentunya mempunyai cara kepemimpinan yang khas.
Tugas pokok seorang pemimpin pada dasarnya adalah
melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari: merencanakan,
mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengawasi. Terlaksananya tugas-tugas
tersebut tidak dapat dicapai hanya oleh pimpinan seorang diri, tetapi dengan
menggerakan orang-orang yang dipimpinnya.
Salah satu fungsi pemimpin dalam manajemen adalah mengambil
keputusan secara efektif. Keberadaan sumber-sumber, biaya, bahan, keahlian,
tenaga, pengetahuan, waktu dan ruang sangat terbatas, oleh karena itu timbulah
pengambilan keputusan.
Contoh Kasusnya adalah yang terjadi pada Kelompok atau
Interpersonal
Kelompok didalam universitas yang terdiri dari dosen,
mahasiswa, karyawan dan pemimpin kampus harus dapat saling bekerja sama untuk
mewujudkan tujuan organisasi. Organisasi akan cepat mencapai tujuanya apa bila
ada keterpaduan antara tujuan kelompok tersebut dengan tujuan organisasi.
Berdasarkan dari pembahasan masalah yang telah diuraikan
tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Pemimpin yang baik sangatlah diperlukan dalam suatu
organisasi. Jika dalam suatu organisasi tidak adanya sosok pemimpin yang baik
dan benar maka dapat menimbulkan
masalah.
0 komentar:
Posting Komentar