Resume : Arti Penting Kepemimpinan Dalam Berorganisasi

Kepemimpinan adalah kekuasaan untuk mempengaruhi seseorang, baik dalam mengerjakan sesuatu atau tidak mangerjakan sesuatu. Pemimpin sendiri adalah seseorang yang bertanggung jawab atas suatu organisasi dalam mencapai tujuan tertentu.
Dalam berorganisasi tentu kita mempunyai seorang pemimpin, dan tentunya mempunyai cara kepemimpinan yang khas.
Tugas pokok seorang pemimpin pada dasarnya adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari: merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengawasi. Terlaksananya tugas-tugas tersebut tidak dapat dicapai hanya oleh pimpinan seorang diri, tetapi dengan menggerakan orang-orang yang dipimpinnya.
Salah satu fungsi pemimpin dalam manajemen adalah mengambil keputusan secara efektif. Keberadaan sumber-sumber, biaya, bahan, keahlian, tenaga, pengetahuan, waktu dan ruang sangat terbatas, oleh karena itu timbulah pengambilan keputusan.
Contoh Kasusnya adalah yang terjadi pada Kelompok atau Interpersonal
Kelompok didalam universitas yang terdiri dari dosen, mahasiswa, karyawan dan pemimpin kampus harus dapat saling bekerja sama untuk mewujudkan tujuan organisasi. Organisasi akan cepat mencapai tujuanya apa bila ada keterpaduan antara tujuan kelompok tersebut dengan tujuan organisasi.
Berdasarkan dari pembahasan masalah yang telah diuraikan tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Pemimpin yang baik sangatlah diperlukan dalam suatu organisasi. Jika dalam suatu organisasi tidak adanya sosok pemimpin yang baik dan benar maka  dapat menimbulkan masalah.

0 komentar:

Posting Komentar