RESUME : PROSES YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM ORGANISASI


Pengambilan keputusan adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternative, pengambilan keputusan secara universal didefinisikan sebagai pemilihan diantara berbagai alternative.
Pengambilan keputusan pada dasarnya merupakan proses pemecahan masalah yang menghalangi atau menghambat tercapainya tujuan. Agar masalah dapat dipecahkan, terlebih dahulu harus dikenali apa masalahnya.
Contoh kasus yang di jabarkan adalah sebagai berikut
Didalam sebuah perusahaan terdapat manajemen pemasaran, manajer pemasaran tau bagaimana produk yang perusahaan miliki target pencapaian yang harus terpenuhi oleh karena itu manajer pemasaran harus bisa tepat dalam memasarkan produknya.
Banyak keputusan yang harus diambil oleh seorang manajer pemasaran agar perusahaannya dapat mendapatkan untung dan tidak mengalami kerugian karena salah dalam melihat kondisi pasar dan minat konsumen. Setiap orang dapat membuat keputusan, akan tetapi dampak keputusan yang ditimbulkan berbeda-beda. Ada yang sempit dan ada pula yang luas ruang lingkup yang terkena dampak atau pengaruh tersebut
Dari pembahasan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengambilan keputusan yaitu suatu tindakan yang sengaja, tidak secara kebetulan dan tidak boleh sembarangan dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi suatu organisasi. Dimana pengambilan keputusan ini ditanggung dan diputuskan oleh pimpinan organisasi yang bersangkutan dan untuk menghasilkan keputusan yang baik itu sangat dibutuhkan informasi yang lengkap mengenai permasalahan, inti masalah, penyelesaian masalah, dan konsekuensi dari keputusan yang diambil.

0 komentar:

Posting Komentar