Pengambilan keputusan adalah melakukan penilaian dan
menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan
dan pertimbangan alternative, pengambilan keputusan secara universal
didefinisikan sebagai pemilihan diantara berbagai alternative.
Pengambilan keputusan pada dasarnya merupakan proses
pemecahan masalah yang menghalangi atau menghambat tercapainya tujuan. Agar
masalah dapat dipecahkan, terlebih dahulu harus dikenali apa masalahnya.
Contoh kasus yang di jabarkan adalah sebagai berikut
Didalam sebuah perusahaan terdapat manajemen pemasaran,
manajer pemasaran tau bagaimana produk yang perusahaan miliki target pencapaian
yang harus terpenuhi oleh karena itu manajer pemasaran harus bisa tepat dalam
memasarkan produknya.
Banyak keputusan yang harus diambil oleh seorang manajer
pemasaran agar perusahaannya dapat mendapatkan untung dan tidak mengalami
kerugian karena salah dalam melihat kondisi pasar dan minat konsumen. Setiap
orang dapat membuat keputusan, akan tetapi dampak keputusan yang ditimbulkan
berbeda-beda. Ada yang sempit dan ada pula yang luas ruang lingkup yang terkena
dampak atau pengaruh tersebut
Dari pembahasan tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
pengambilan keputusan yaitu suatu tindakan yang sengaja, tidak secara kebetulan
dan tidak boleh sembarangan dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi suatu
organisasi. Dimana pengambilan keputusan ini ditanggung dan diputuskan oleh
pimpinan organisasi yang bersangkutan dan untuk menghasilkan keputusan yang
baik itu sangat dibutuhkan informasi yang lengkap mengenai permasalahan, inti
masalah, penyelesaian masalah, dan konsekuensi dari keputusan yang diambil.
0 komentar:
Posting Komentar